Inilah 13 Obat Kesemutan Alami Untuk Menyembuhkan Kaki dan Tangan Kesemutan

Obat Kesemutan Alami Untuk Menyembuhkan kaki dan Tangan Kesemutan –  Kesemutan adalah kondisi umum yang di tandai dengan mati rasa pada kaki dan tangan. Penyakit dengan Kondisi ini biasanya terjadi setelah duduk bersila dalam waktu lama. Dalam dunia medis istilah kesemutan disebut Parastesia. Tapi Tenang saja, Disini kita akan memberikan pembahasan tentang obat kesemutan yang alami secara detail.

obat kesemutan alami laksana herbal

Kesemutan

Kesemutan adalah kondisi yang Anda alami saat tangan atau kaki menerima tumpuan tekanan berat dalam waktu yang cukup lama. Dalam dunia medis, kesemutan disebut dengan paresthesia. Rasa kebas dan menggelitik yang tidak nyaman ini biasanya terjadi di bagian-bagian tubuh yang rutin digunakan dalam kegiatan sehari-hari, misalnya kaki, lengan, atau tangan (berlutut terlalu lama, duduk bersila, atau tidur bersedekap).

Tubuh manusia memiliki miliaran saraf yang berfungsi sebagai jalur komunikasi dari otak ke seluruh tubuh. Saraf perifer tubuh mengirim informasi kembali ke otak dan sumsum tulang belakang. Saat tangan atau kaki menerima begitu banyak tekanan, saraf-saraf yang menjalar di dalamnya akan terjepit. Sementara itu, tekanan tersebut juga akan menghimpit pembuluh darah yang menyokong kerja kumpulan saraf tersebut.

Saraf yang terjepit akan menyebabkan otak Anda kekurangan informasi yang diharapkan datang dari kumpulan saraf ini, dan saraf-saraf ini sendiri tidak bisa menerima darah dan oksigen yang mereka butuhkan dari jantung Anda — yang berarti pesan sensorik saraf akan terblokir. Pada akhirnya, anggota tubuh yang bermasalah ini akan “mati rasa”.

Tahapan kesemutan

Kesemutan sebenarnya terjadi dalam tiga tahap. Pertama, dalam satu-dua menit setelah tangan atau kaki menerima tekanan berat, bahkan bisa berlangsung hingga empat menit, adalah sensasi yang disebut sebagai “kompresi menggelitik”, sensasi yang digambarkan seperti luapan busa minuman soda yang terasa samar, atau seperti berdengung. Tahap kedua, biasanya dimulai sepuluh menit setelahnya, disebut dengan “mati rasa”. Sensasi kebas ini akan berlangsung selama tekanan pada saraf dan pembuluh darah kaki masih berlangsung. Akhirnya, setelah tekanan diangkat, tahap ketiga mulai mengambil alih proses ini: kesemutan.

Di tahap terakhir yang kita semua sudah sangat akrab dengan sensasinya — tusukan yang menggelitik dan geli mengganggu — kaki akan berfungsi normal seperti sedia kala. Sensasi kesemutan ini disebabkan oleh proses saraf perifer yang kembali bekerja untuk mengirimkan pesan rasa sakit ke otak. Kumpulan saraf lain, seperti saraf yang berfungsi mengatur suhu tubuh, akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

Baca juga obat ambeien

Kesemutan biasanya akan terasa lebih menyakitkan daripada kedua tahap yang mengikutinya, tetapi aspek emosional dari pengalaman tersebut lebih melibatkan rasa ingin tahu atau penasaran. Rasa tidak nyaman tersebut kemudian akan perlahan mereda, namun kita biasanya tidak dapat mengetahui dengan persis kapan sensasi tersebut akan kembali normal.

Sensasi kesemutan dapat diatasi dengan meredakan tekanan dari bagian tubuh yang terpengaruh, misalnya dengan berdiri dan berjalan sebentar setelah duduk bersila terlalu lama, atau menggoyang-goyangkan tangan. Hal ini akan memungkinkan suplai darah kembali normal, sehingga menghilangkan sensasi mati rasa dan kesemutan yang menyulitkan Anda.

Penyebab Kesemutan

Selain saraf yang terjepit — carpal tunnel syndrome/CTS, jaringan parut, pembuluh darah membesar, infeksi, atau tumor juga bisa memberikan tekanan pada saraf — ada banyak kondisi lain yang bisa menyebabkan Anda mengalami kesemutan.

Sebagai contoh, gigitan serangga atau hewan, racun alergen dalam makanan laut, sakit kepala migrain, atau terapi radiasi, bisa menyebabkan kesemutan. Kadar alkohol, vitamin B-12, potassium, kalsium atau natrium dalam tubuh yang tidak normal juga dianggap sebagai penyebab potensial dari kesemutan. Terapi radiasi juga dapat menghadirkan sensasi menggelitik yang tidak nyaman nan familiar ini.

Terkadang, cedera tertentu bisa menghasilkan sensasi kebas atau kesemutan, seperti cedera saraf leher atau hernia pada piringan tulang belakang (herniated disk/nucleus pulposus, atau slipped disk). Demikian juga dengan peradangan atau pembengkakan sumsum tulang belakang atau otak bisa memberikan tekanan pada satu saraf atau lebih.

Kesemutan yang perlu diwaspadai

Kesemutan umumnya bersifat sementara. Namun pada banyak kasus, kesemutan bisa menjadi kondisi medis yang berat, memayahkan, episodik, atau kronis. Kesemutan kronis biasanya akan diikuti oleh gejala lainnya, misalnya nyeri, gatal, dan penyusutan/kelemahan otot.

Dalam kasus tersebut, kesemutan bisa menjadi tanda dari kerusakan saraf, sebagai hasil dari beragam kondisi medis yang mendasarinya, misalnya kejang, cedera traumatik atau berulang, infeksi bakteri atau virus, pengerasan arteri, dan penyakit sistemik seperti stroke, diabetes, penyakit hati, ginjal, gangguan tiroid, hingga kanker.

Kerusakan saraf seperti ini disebut dengan neuropati perifer, karena pengaruhnya terhadap saraf-saraf yang jauh dari otak dan tulang belakang, seperti tangan dan kaki. Ada lebih dari 100 jenis berbeda dari neuropati perifer, dan seiring waktu, kondisi ini dapat semakin parah dan menyebabkan penurunan mobilitas tubuh hingga disabilitas.

Kesemutan juga bisa sebagai pertanda awal dari beberapa penyakit autoimun dan turunan, seperti Guillain-Barre syndrome, lupus, arthritis rematoid, Raynauds syndrome, dan Charcot-Marie-Tooth syndrome.

Gejala lain yang harus Anda perhatikan mencakup perasaan bingung dan linglung, sulit fokus, bicara cadel, gangguan penglihatan, perasaan lemah atau sakit parah, dan kehilangan kendali atas saluran pencernaan atau kandung kemih Anda. Segera cari bantuan medis terdekat jika Anda mengalami kondisi-kondisi di atas setelah Anda mengalami kesemutan yang terasa tidak biasa, atau mengalami cedera punggung, leher, atau kepala yang membuat Anda tidak dapat berjalan atau bergerak. Kehilangan kesadaran setelah mengalami kesemutan juga merupakan tanda peringatan bahwa Anda harus segera mencari pertolongan medis.

13 Nama-nama obat kesemutan alami dan Cara pemakaiannya

1. Habatop

Obat kesemutan habatop

testimoni kesemutan

Indikasi:
Obat Kesemutan tangan dan kaki.

Kontraindikasi:
N/A

  • Membantu memelihara daya tahan tubuh

Komposisi:
Tiap 500mg kapsul terdiri dari bahan-bahan berkhasiat:
– Oleum Nigella Sativa Semen 500mg

Khasiat dan kegunaan:
– Mengobati kesemutan
– Menjaga stamina

Dosis:
Dewasa
– Untuk mengobati kesemutan 2kapsul*3 sehari 1 jam sebelum makan
– Untuk Menjaga Stamina 1 kapsul * 3sehari 1 jam sebelum makan

Anak-anak (6-12tahun)
-1/2 dari dosis dewasa

2. Kayu Manis

Berbagai nutrisi baik ada terkandung di dalam kayu manis, termasuk kalium serta mangan bersama dengan banyak vitamin B. Dengan kandungan-kandungan nutrisi penting itulah Anda bisa meningkatkan aliran darah pada bagian tangan, meski juga bisa digunakan untuk obat kesemutan kaki. Para ahli merekomendasikan untuk mengambil 2-4 gram saja dari bubuk kayu manis setiap harinya untuk kelancaran sirkulasi darah.

Cukup dengan mencampurkan bubuk kayu manis 1 sendok teh ke dalam segelas air hangat dan meminumnya setiap hari secara rutin saja sudah cukup. Atau, campurkan bubuk kayu manis dengan madu murni yang bisa dikonsumsi setiap pagi selama beberapa minggu. Cara manapun yang Anda pilih, keduanya memberikan efek yang sama-sama maksimal.

3. Kunyit

Satu lagi bahan alami yang bisa Anda jadikan obat kesemutan yang terjadi di tangan, yaitu kunyit yang berkandungan kurkumin. Kurkumin ini sangat baik dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, bahkan untuk meningkatkan kelancaran sirkulasi darah juga sangat ampuh. Sifat anti-inflamasi pun ada dan ini akan mengurangi sensasi kesemutan yang tak mengenakkan.

Siapkan saja segelas susu lalu tambahkan dengan sesendok teh bubuk kunyit, hangatkan sebentar dan tambahkan madu sedikit sebelum meminumnya. Pasta dari campuran bubuk kunyit dan air juga bisa menjadi obat oles manjur untuk mengobati masalah kesemutan. Jika ingin, Anda juga boleh meminum suplemen kunyit setiap hari, tapi hal ini perlu dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter.

4. Minyak Zaitun

Seperti yang Anda tahu, minyak zaitun merupakan jenis minyak yang sangat kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Apapun faktor penyebab tangan kesemutan, Anda bisa coba menggunakan minyak ini sebagai obat mujarab yang sederhana. Karena sangat berguna dalam meningkatkan otot tubuh juga, jadikan minyak ini sebagai obat oles.

Oles langsung saja ke bagian tangan yang kesemutan, lalu sambil mengoles Anda bisa berikan sedikit pijatan ringan agar peredaran darah kembali lancar. Anda pun boleh mencampurkannya dengan minyak lavender supaya hasilnya menjadi jauh lebih efektif dalam mengobati kesemutan.

5. Air Putih

Selama ini yang kita tahu adalah bahaya akibat kurang minum air putih adalah dehidrasi dan kekeringan pada tubuh serta kulit saja. Tapi rupanya, kekurangan cairan dapat menjadikan tubuh sering mengalami kesemutan. Salah satu bagian tubuh yang berpotensi sering terserang sensasi kesemutan ini jelas adalah bagian tangan.

Tangan yang kesemutan dan mati rasa bisa coba diobati dengan air putih dengan cara mengonsumsinya banyak-banyak. Aturan minum air putih 8-10 gelas setiap hari supaya tubuh tetap terhidrasi dan sehat bukanlah omong-kosong. Anda bisa mencegah kesemutan untuk datang lagi juga dengan mengonsumsi air putih secara rutin.

6. Ginkgo Biloba

Obat herbal satu ini juga jangan sampai ketinggalan karena bahan ini pun dapat secara ampuh melancarkan peredaran darah Anda. Dosis umumnya adalah 40 mg di mana bisa dikonsumsi sehari 3 kali dan dalam bentuk suplemen. Namun sebelum menggunakan ginkgo biloba, silakan konsultasikan dengan dokter lebih dulu, khususnya jika Anda tengah mengonsumsi obat-obat tertentu.

7. Magnesium

Sering kesemutan bisa jadi menjadi pertanda bahwa tubuh Anda tak cukup memperoleh mineral magnesium. Mineral esensial ini bila didapat secara cukup oleh tubuh, maka sistem saraf akan berfungsi normal. Jadi, mulailah mempertimbangkan makanan-makanan yang mengandung magnesium tinggi; yakni seperti misalnya, yogurt rendah lemak, dark chocolate, pisang, kedelai, selai kacang, oatmeal, kacang, biji-bijian, sayuran hijau serta alpukat.

Untuk memperlancar peredaran darah yang sering terhambat, magnesium juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Pastikan bila Anda memilih suplemen, Anda bisa mengonsumsi 350 mg setiap harinya. Namun agar lebih aman, silakan bicarakan dengan dokter untuk masalah takaran yang tepat untuk Anda.

8. Vitamin B6 dan Vitamin B12

Dalam mengatasi maupun mencegah kesemutan di tangan maupun kaki, Anda bisa mencoba mengonsumsi vitamin B6 dan vitamin B12. Kemungkinan besar, kesemutan yang kerap Anda alami dikarenakan kurangnya asupan vitamin tersebut. Jadi tak ada salahnya mulai mengonsumsi makanan sehat.

Makanan-makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain adalah biji-bijian, kacang-kacangan, yogurt, susu, oatmeal, ikan, kacang, daging, alpukat, pisang, telur, dan keju. Hanya saja, untuk yang lebih gampang, silakan dapatkan suplemen vitamin B kompleks dan minumlah setiap hari 2 kali; namun supaya jauh lebih tepat, konsultasikan dosisnya dengan dokter.

9. Minyak Mustard

Satu lagi yang bisa Anda andalkan di kala tangan terserang kesemutan, yakni minyak mustard yang memang sudah terpercaya mampu memperlancar sirkulasi darah secara efektif. Secara tak sadar mungkin Anda kerap membuat posisi tangan Anda tidak nyaman sehingga peredaran darah terhambat. Jika begitu, minyak mustard akan mengembalikan atau bahkan meningkatkan kesehatan otot serta peredaran darah Anda.

Sensasi kesemutan pada tangan Anda bisa dengan sederhana diatasi dengan mengambil beberapa tetes minyak mustard. Sebelumnya, hendaknya Anda hangatkan dulu minyak ini agar khasiatnya lebih besar dalam mengobati. Oleskanlah minyak ini ke tangan yang terasa kesemutan sampai akhirnya kesemutan itu hilang.

10. Yoga

Dalam mengobati kesemutan di tangan maupun di area tubuh lainnya bila Anda juga mengalaminya, latihan Yoga dapat menjadi solusi. Bahkan dengan mengambil kelas Yoga, Anda juga mampu mencegah tangan dari kesemutan yang cukup sering. Yoga ini adalah latihan yang akan membantu supaya tubuh serta pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Bila pikiran dan tubuh sudah tenang, otomatis di saat yang sama peredaran darah pun akan terstimulasi dan meningkat dengan baik dan secara alami. Cara ini betul-betul efektif dalam mengurangi kesemutan di tangan; tak hanya di tangan saja, tapi juga pada beberapa area tubuh lainnya.

11. Garam

Mungkin Anda sudah cukup tahu bahwa obat kesemutan alami yang bisa digunakan untuk mengobati kesemutan tangan Anda adalah garam. Dengan cara ini, Anda bakal dapat meningkatkan tingkat magnesium di dalam tubuh serta memperlancar aliran darah yang tadinya terhambat. Ketika aliran darah tak dilegakan supaya lancar, di lain waktu kesemutan akan dengan mudah datang lagi.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menggunakan garam Epsom ½ cangkir saja lalu dicampur berama air dengan takaran yang cukup untuk merendam tangan Anda. Proses perendaman yang dianjurkan adalah selama 10 menit saja. Hanya saja, obat kesemutan tangan ini tak diperuntukkan bagi yang sedang punya gangguan kesehatan seperti diabetes maupun penyakit ginjal.

12. Olahraga

Obat kesemutan tangan tak harus selalu berwujud tanaman herbal atau obat kimia. Terkadang gampangnya tangan merasa kesemutan adalah dikarenakan Anda menggunakan tangan Anda untuk beraktivitas itu-itu saja. Kurang olahraga dapat menjadi pemicu aliran darah dalam tubuh tak lancar juga.

Jadi, silakan ambil waktu sebentar saja untuk melakukan peregangan pada tangan setiap harinya sesering mungkin. Ambil waktu 15 menit saja setiap harinya 3 kali dalam sehari untuk membuat otot dan saraf tangan Anda lebih rileks. Gerak-gerakkan tangan seperti yang Anda mau, seperti misalnya menarik jari per jari untuk melemaskan ototnya.

13. Kompres Hangat

Untuk meredakan kesemutan di tangan yang agaknya cukup mengganggu aktivitas Anda, silakan gunakan kompres hangat sebagai obatnya. Obat sederhana ini dapat Anda lakukan dengan mencelupkan kain atau handuk bersih ke dalam air hangat. Peraslah, lalu kompreskan secara langsung ke tangan yang terasa kesemutan.

Lakukan kompres hangat ini selama 7 menit paling tidak dan ulangi lagi beberapa kali sampai kesemutan benar-benar hilang. Sensasi hangat dari kompresan ini akan sangat membantu agar otot dan saraf yang tadinya tegang dapat menjadi lebih rileks. Tak hanya itu, kompres hangat juga terbukti efektif dalam membantu supaya peredaran darah cepat lancar kembali.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang obat kesemutan. semoga ini menjadi solusi untuk anda.

Kata Untuk Mencari Artikel Ini:

  • Obat Kesemutan
  • Obat kesemutan di apotik
  • Obat kesemutan kaki
  • Obat kesemutan neurobion
  • Obat kesemutan tangan sebelah kanan
  • Obat kesemutan tangan dan kaki
  • Obat kesemutan di jari tangan kanan
  • Obat kesemutan pada tangan kanan
  • Obat kesemutan alami
  • Obat kesemutan tradisional
  • Obat kesemutan tangan sebelah kiri
  • Obat kesemutan kaki kiri
  • Obat kesemutan dan kebas
  • Obat kesemutan tangan kiri
  • Obat kesemutan tangan kanan
Tulisan ini dipublikasikan di Obat Herbal dan tag . Tandai permalink.